Menu

20 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan

Provinsi yang letaknya di bagian paling selatan dari Pulau Kalimantan ini memiliki segudang daya tarik yang tak boleh dilewatkan sedikitpun oleh para penjelajah keindahan Indonesia.

Ingin pilihan spot wisata seperti apa yang Anda inginkan, Kalimantan Selatan hampir memiliki semuanya.

Air terjun eksotis, pulau dan pantai yang keren, atau dataran tinggi yang megah, tinggal pilih dan datangi saja, karena semua siap menunggu Anda.

Hebatnya lagi, hampir semua spot wisata yang ada bisa dinikmati dengan harga yang relatif murah, bahkan gratis. Dan pastinya, tempatnya Instagrammable, lho!

Tak perlu menunggu lama sepertinya untuk berkunjung ke provinsi yang beribukota di Banjarmasin ini. Di sesi liburan berikutnya, mungkin?

Sementara itu, daftar di bawah ini pantas dipertimbangkan jadi tempat-tempat untuk dikunjungi saat liburan ke Kalimantan Selatan ini. Dijamin nggak akan kecewa!

Baca juga: 

Ini dia panduan wisata untuk liburan seru ke Pulau Belitung

19 gunung dan jalur pendakian di Indonesia dengan pemandangan paling menakjubkan

9 water villa di Indonesia agar liburanmu kayak di surga

1. Bertualang menjadi Maze Runner: Labirin Pelaihari

Pernah menonton film aksi The Maze Runner dan sekuelnya? Ingin merasakan sensasi lolos dari labirin seperti di film tersebut?

Mungkin sensasi itu bisa Anda dapatkan di Labirin Pelaihari. Memang tak sampai mengancam kehilangan nyawa, tapi keseruan dan hype-nya cukup menegangkan, terutama bila Anda sudah mulai tersesat dan tak tahu arah.

Photo Via Fiqri24

Berada di lokasi kantor BP3T, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, labirin ini menjadi daya tarik tersendiri karena keunikannya dan tingkat kesulitannya.

Photo Via Bagustywn

Tapi, selain keseruan ‘berkeliling’ di labirin, Anda juga bisa menemui sejumlah spot asyik untuk berswafoto. Ada juga gardu pandang, danau buatan dan mungkin bercengkerama langsung dengan rusa tutul?

Photo Via Taufik_44

Labirin Pelaihari
Tiket Masuk: Rp3.000
Lokasi: Pelaihari, Karang Taruna, Pelaihari, Sungai Jelai, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.
Telepon: 0821 1545 1111
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 (setiap hari)

 

2. Meniti jembatan ekstrem penghubung dua bukit: Jembatan Gantung Desa Nateh

Jembatan yang ada di Indonesia selalu memiliki keunikan tersendiri, tak terkecuali yang ada di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini.

Dua bukit, yang jaraknya cukup berjauhan, dihubungkan dengan sebuah jembatan gantung yang desainya begitu… eksotis.

Photo Via Hpi_hst

Dengan dipadupadankan pemandangan indah khas perbukitan hijau dan sungai dengan aliran air yang menyegarkan dan juga bebatuan besar, Anda akan mendapatkan panorama yang tiada duanya.

Photo Via Syaifinesia

Tingginya jembatan dan hembusan angin menambah keseruan sekaligus sedikit memompa adrenalin Anda.

Berfoto di sini pastinya menjadi keharusan untuk Anda yang datang bertandang. Apalagi dari sejumlah sudut pandang, view-nya cukup aduhai.

Photo Via Pian_hafiedz

Jangan lupa menyempatkan untuk menikmati atmosfer hutan lindung dan gua yang terletak tak jauh dari jembatan ini, ya!

Jembatan Gantung Sungai Nateh
Lokasi: Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.
Cara ke Sana: Dari Kota Barabai menuju Desa Nateh berjarak sekitar 30-35 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit sampai 1 jam. Jalanan menuju ke desa ini sudah berupa aspal meskipun di beberapa titik banyak jalanan rusak. Koordinat di sini.

3. Destinasi wajib di Kalimantan Selatan: Pasar Terapung Lok Baintan

Sama halnya Candi Borobudur di Yogyakarta atau Gunung Tangkuban Parahu di Bandung, Pasar Terapung Lok Baintan adalah tempat wajib yang harus Anda kunjungi bila berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Photo Via Ananghadrii

Di mana lagi Anda bisa menemukan pasar terapung yang begitu ikonik, dengan metode transaksi yang masih tradisional.

Photo Via Zerie_

Banyak spot-spot menarik yang bisa Anda dapatkan, pun demikian dengan kegiatan warganya. Tapi, Anda tak bisa sembarangan datang ke sini lho ya.

Untuk mendapatkan sensasi dan pengalaman terbaik di Lok Baintan, tipsnya adalah datang dengan menggunakan perahu klotok dari pusat Kota Banjarmasin selepas waktu sholat Subuh, nikmati sarapan pagi khas Kalsel dan yang terpenting, jangan pernah buang sampah di sungai!

Photo Via Muhammad.al_.rasyid,Limaukuit_

Pasar Terapung Lok Baintan

Lokasi: Jalan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Sungai Tandipah, Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.
Telepon: (0511) 674 7679
Jam Operasional: 04.00 – 09.00 (setiap hari)

Mengagumi keindahan perut bumi Kalimantan Selatan

4. Asyiknya bercengkrama di kolong bumi: Goa Batu Hapu

“WOW!’

Demikian kesan yang pertama terucap ketika berkunjung ke Goa Batu Hapu, Tapin, Kalsel. Goa karst ini memiliki ruang yang luas dan tekstur dinding yang tidak biasa.

Photo Via Hermawan_ramadhanu

Photo Via Anylleputeri

Keberadaan stalagmit dan stalaktit pada dasar dan langit goa menambah alasan untuk terus terpukau. Lubang di langit goa, yang membiarkan sinar matahari masuk juga menambah eksotisme goa itu sendiri.

Photo Via Raja_lazuardi_

Hebatnya lagi, keindahan goa ini bisa dinikmati dengan mudah. Selain karena lokasinya mudah dijangkau, akses masuk ke dalam goa juga tak sulit.

Hanya saja, minimnya fasilitas penunjang menjadikan tempat ini kekurangan tersendiri. Mungkin karena alasan itu juga tiketnya masih dihargai murah.

Goa Batu Hapu
Tiket Masuk: Rp2.500
Lokasi: Batu Hapu, Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00

5. Menyusuri air bawah tanah Tabalong: Goa Liang Tapah

Selalu menjadi hal yang menyenangkan bisa menikmati pemandangan bawah tanah yang ajaib, tak terkecuali di Tabalong, Kalimantan Selatan.

Photo Via Hisnawati77_

Goa Liang Tanah menjadi spot di mana Anda bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan tersebut di Kalimantan Selatan. Dengan aliran air bawah tanah yang ada, Goa Liang Tanah memiliki keistimewaan tersendiri di kalangan para petualang.

Berenang di dalam goa? Mengapa tidak. Dengan air yang jernih, sejuk dan berwarna biru, memang sulit melewatkan kesempatan untuk tidak menceburkan diri.

Photo Via Isminaziza

Tapi secara keseluruhan, Goa Liang Tapah amatlah indah, baik secara tekstur dan lanskap. Jangan sampai tidak berfoto di sini, ya?

Goa Liang Tapah
Tiket Masuk: Gratis, retribusi sukarela untuk parkir.
Lokasi: Garagata, Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00

Menelusuri danau-danau eksotis Kalimantan Selatan

6. Menikmati danau indah di tengah pertambangan: Danau Biru Pengaron

Bekas tanah tambang atau penggalian batu bara bisa juga menjadi tempat yang keren. Salah satu contohnya adalah Danau Biru Pengaron.

Photo Via Hermawan_ramadhanu

Terletak di Kabupaten Banjar, danau ini menampilkan keindahan yang alami. Airnya berwarna biru, dengan tebing-tebing hasil kerukan alat berat mengelilingi danau itu sendiri.

Photo Via Shabacki

Perpaduan warna air yang biru dan tekstur tanah yang berwarna-warni memunculkan keindahan tersendiri. Belum lagi semburat warna hijau dari pepohonan dan rumput serta ilalang yang ada di puncak bukit, seakan menambah eksotisme tempat ini.

Photo Via Fransisca_leonardo

Beberapa spot juga menarik untuk dijadikan background berfoto Anda. Tapi, peringatan keras untuk tidak berenang di sini, karena struktur tanah yang labil dan berbahaya. Waspada, ya!

Photo Via Hermanz.86

Danau Biru Parta Pengaron
Tiket Masuk: Gratis, hanya dipungut retribusi parkir oleh penduduk lokal.
Lokasi: Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Banjar, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.
Telepon: 0853 9300 5783

7. Menguak rahasia desa di dalam danau: Waduk Riam Kanan

Konon katanya ada sembilan desa di dalam Waduk Riam Kanan ini, desa yang sengaja ditenggelamkan demi pembangunan waduk tersebut.

Photo Via Sidjaja

Terlepas dari kontroversi tersebut, pemandangan dan panorama di waduk itu sendiri memang indah. Suasana yang tenang dan syahdu, juga alam perbukitan nan hijau, menambah keindahan dan keasrian Waduk Riam Kanan.

Photo Via Azmie_02

Photo Via Erniiriantii

Pengunjung juga bisa berenang, atau bahkan melakukan snorkeling, namun penduduk lokal tidak menyediakan alat dan kelengkapan untuk aktivitas tersebut.

Yang menarik adalah suasana yang menenangkan di danau tersebut. Pemandangannya yang asri juga menambah nilai untuk berwisata di tempat ini.

Photo Via Cesaalta,Ridhohasmi

Waduk Riamkanan
Tiket Masuk: Gratis, tapi bayar retribusi parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp15.000 untuk mobil
Lokasi: Tiwingan Lama, Aranio, Banjar, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.

8. Hutan pinus tengah kota yang Instagenik: Hutan Pinus Mentaos, Banjar Baru

Fungsi utamanya adalah menjadi paru-paru kota, tapi kini Hutan Pinus Mentaos telah menjadi destinasi wajib bagi para traveler dan Instagrammer yang datang ke Banjar Baru.

Bagaimana tidak, selain atmosfernya yang adem, Hutan Pinus Mentaos juga cozy banget untuk bersantai.

Di sejumlah sudut, terdapat payung-payung gantung ber warna-warni yang disusun rapi dan bisa menjadi background kece untuk foto-foto.

Photo Via Sany.sofyan,Reny_nurjannah

Ada juga sudut hammock yang tak kalah asyik. Bersantai sambil bergelantungan pun juga bisa seru, kan?

Photo Via Wahyukecap

Ingin sambil berolahraga? Bisa. Ada jogging track di antara 119 jenis tanaman yang begitu beragam nan seru. Dan hebatnya lagi, semua ini bisa dinikmati gratis.

Hutan Kota Pinus Mentaos
Lokasi: Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.

9. Wisata alam di antara pepohonan: Rumah Pohon Cempaka, Banjar Baru

Tak mudah untuk menemukan tempat ini. Selain tempatnya yang tersembunyi, minim sekali penunjuk jalan untuk bisa sampai ke tujuan.

Tapi sesampainya di salah satu wisata andalan di Desa Beruntung Jaya ini, Anda pasti langsung ingin segera beraktivitas di sana.

Dengan konsep wisata alam outbound, Rumah Pohon Cempaka menyediakan sejumlah wahana yang asyik, termasuk di antaranya sejumlah spot rumah pohon untuk berswafoto.

Photo Via Rezafaisar

Juga ada jembatan gantung yang terus bergoyang ketika Anda lewati. Suasana yang adem juga menambah keasyikan menghabiskan waktu di sini.

Photo Via Lailafhrrj

Photo Via Ane.rufaidah

Photo Via Atihd9

Hanya saja, ada banyak hal yang masih harus dibenahi, terutama menambah fasilitas umum seperti tempat makan. Karena itu juga, akses masuk ke sini masih belum dipungut biaya. Gratis.. tis!

Rumah Pohon Cempaka
Tiket Masuk: Gratis, namun dipungut retribusi parkir Rp3.000,- untuk yang membawa kendaraan
Lokasi: Desa Beruntung Jaya, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00
Cara ke Sana: Dari pusat Kota Banjar Baru, ikuti Jalan Mistar Cokro Kusumo sejauh enam kilometer, berbelok ke arah jalan Transpol Sungai Tiung hingga masuk ke wilayah Desa Beruntung Jaya.

10. Rumah penyendiri di atas bukit: Rumah Jomblo Banjar Baru

Sejatinya spot ini bukanlah tempat wisata. Tapi, keunikannya menjadi hal yang tak boleh dilewatkan para traveler maupun pecinta fotografi.

Secara konstruksi, Rumah Jomblo tak menunjukkan sesuatu yang istimewa. Terbuat dari kayu, memiliki kesan rapuh, usang dan luas rumah juga tidak begitu besar.

Photo Via _kawir

Namun yang unik adalah letaknya. Rumah ini adalah satu-satunya yang berada di atas gundukan tanah, di atas bukit di tengah area perumahan. Karena sendirian, makanya dinamakan Rumah Jomblo. Pemandangan yang kontras dengan situasi di sekelilingnya justru menjadi daya tariknya.

Photo Via Adibdj

Karena alasan itulah mengapa Rumah Jomblo ini begitu eksotis dan menarik perhatian. Dan hal-hal seperti ini selalu menjadi background yang pas buat berfoto diri. Iya, nggak?

Rumah Jomblo
Lokasi: Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.

11. Menyambangi Mr. Fredricksen dan Russell di Up House, Banjarmasin

Menikmati petualangan seru antara Russell dan Mr. Carl Fredricksen dalam film animasi UpWell, kalau Anda ingin mengikuti sebagian petualangan seru mereka, datang saja ke sini.

Siapa sangka ternyata rumah Mr Fredricksen, yang dipakai bertualang ke Paradise Falls, justru malah ‘mendarat’ di Banjarmasin, tepatnya di daerah Kayutangi.

Photo Via Afhouse_

Rumah dengan warna warni yang cerah dan mencuri perhatian itu berdiri kokoh di sebidang tanah dengan pagar yang pendek, jadi Anda bisa berfoto-foto di halamannya.

Jika cukup kreatif, Anda juga bisa, lho, menambah rumah dengan hiasan balon dan bunga yang colorful dengan aplikasi editing di telepon pintar.

Photo Via Amelya_puteri

Namun, ada hal yang harus dipatuhi, yaitu untuk tidak masuk ke dalam rumah dan membuat kotor dinding.

Up House of Dream, Banjarmasin
Alamat: Jalan Agatis II, Sungai Miai, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.
Jam Operasional: Sabtu-Kamis, 24 jam. Libur setiap hari Jumat.

12. Mandi di kolam alami nan sejuk dan eksotis: Guntung Nyaru, Bungkukan

Hal-hal yang eksotis selalu menarik untuk dikunjungi, terutama yang tercipta secara alami. Guntung Nyaru di Bungkukan termasuk di antaranya.

Spot ini merupakan kolam alami di antara bebatuan, perbukitan dan lanskap tanah yang tersembunyi. Karena kondisi itu juga, Guntung Nyaru terjaga keasrian dan kealamiannya.

Photo Via Aldinosulistiyo

Setelah tiba di tempat ini, Anda seakan diundang untuk langsung menghabiskan waktu dengan berendam. Tapi tetap waspada ya dengan kondisi perairan di danau kecil yang cukup dalam ini.

Photo Via Tony_artaa

Yang menjadikan Guntung Nyaru spesial adalah lokasinya yang tersembunyi, serta lanskap perbukitan yang ada di sekeliling lokasi. Dijamin setiap spot yang ada akan membuat hasil foto Anda terasa eksotik.

Photo Via Niarekaputri

Juga ada gua yang bisa Anda jelajahi. Tertarik melakukannya?

Guntung Nyaru, Bungkukan

Lokasi: Desa Bungkukan, Kecamatan Kelumpang, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.

Menikmati Kalimantan Selatan dari ketinggian

13. Menyaksikan kemegahan danau dan perbukitan di atas awan: Taman Hutan Rakyat Sultan Adam

Tempat paling asyik menikmati pemandangan alam adalah dari dataran tinggi. Di Kalimantan Selatan, untuk bisa melakukannya, Anda bisa menuju ke Taman Hutan Rakyat Sultan Adam di Kabupaten Banjar.

Photo Via Indutsr

Dari tempat yang juga dikenal sebagai Tahura Mandiangin ini Anda bisa menikmati perbukitan hijau di wilayah Banjar. Selain itu, dari kejauhan, Anda juga bisa menyaksikan luasnya Waduk Riam Kanan.

Menuju ke puncak bukit, Anda juga disuguhi beragam tempat yang seru, mulai dar kolam dan puing bangunan benteng Belanda hingga alam pegunungan dan perbukitan yang asri.

Photo Via Wan_hen_

Di satu sisi bukit, Anda juga bisa menjumpai penangkaran rusa Sambar. Jika ingin, Anda bisa memberikan hewan-hewan jinak ini makan, atau mungkin juga berfoto.

Tak hanya itu saja, jika datang di waktu dan di tempat yang tepat, Anda juga bisa menyaksikan awan yang bergerak perlahan menutup lanskap bumi dari atas. Indah sekali!

Photo Via Muhammdrizki

Tahura Sultan Adam
Tiket Masuk: Rp5.000 – Rp10.000
Lokasi: Mandi Angin Barat, Karang Intan, Cempaka, Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.
Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

14. Pemandangan hijau bak di New Zealand: Bukit Telang

Sejauh mata memandang, yang Anda jumpai adalah hijaunya perbukitan. Itulah kesan yang Anda dapatkan dari puncak Bukit Telang.

Photo Via Ferdayu_

Pemandangan dan panorama bukit ini tak kalah cantik dengan perbukitan savana di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur atau bahkan Selandia Baru!

Dengan lanskap perbukitan yang keren, ditambah cahaya matahari yang sendu di pagi mau pun sore hari, Anda bisa mengabadikan keberadaan di bukit ini dengan hasil yang keren lewat tangkapan lensa kamera Anda.

Photo Via Ijun_05,Meiliindaa

Trekking selama 30 menit memang harus dijalani dengan cukup sulit, karena rute yang menanjak. Namun pemandangan savana di sisi bukit dijamin akan menghilangkan lelah Anda.

Photo Via Encis16

Bukit Telang
Tiket Masuk: Gratis, tapi membayar retribusi parkir Rp5.000 – Rp10.000
Lokasi: Desa Martadah, Kecamatan Tambang Ulang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.

15. Menikmati Riam Kanan dari sudut yang berbeda: Bukit Matang Kaladan

Bagi para pecinta alam dan traveler, mendaki Bukit Matang Kaladan, atau yang biasa disebut bukit Lawangan, menjadi tantangan tersendiri. Tapi hasil yang Anda dapat setelah sampai puncak adalah kepuasan yang tiada terkira.

Photo Via Nindia_sari

Dari puncak bukit yang terdapat di Kecamatan Aranio, Banjar ini, Anda bisa menyaksikan Waduk Riam Kanan dari sudut yang sepenuhnya berbeda. Jangan tanya lagi keindahan yang ditawarkan.

Photo Via Dewi_dera

Hanya saja, dibutuhkan usaha ekstra keras untuk bisa sampai ke puncak. Rute yang menanjak dengan lereng bukit yang tajam menjadi jalur yang harus ditempuh.

Namun, Anda bisa menghabiskan waktu sebanyak mungkin setibanya di tujuan. Ada juga beberapa spot yang menarik untuk berfoto dengan view, yang pastinya mengundang banyak ‘like’ untuk akun Instagram Anda.

Photo Via Diangbumi_,Rafaelbayu7,Dewi_dera_

Bukit Matang Kaladan

Tiket Masuk: Gratis, namun harus membayar retribusi parkir
Lokasi: Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Koordinat di sini.

16. Mendaki bukit di tengah danau: Bukit Tabuan/Pasepakan

Waduk Riam Kanan menyimpan beragam potensi dan salah satu di antaranya adalah Bukit Tabuan, yang ada di tengah waduk tersebut.

Karena letaknya yang sedikit berbeda dari kebanyakan bukit eksotis lainnya di Kalimantan Selatan, dibutuhkan waktu dan dana khusus untuk bisa mencapainya.

Namun demikian, sesampainya di lokasi, Anda bisa menikmati beragam sensasi kehidupan di alam terbuka, mulai dari menyaksikan pemandangan indah yang tiada tara terkait lanskap Riam Kanan, hingga panorama alam waduk ternama di Kalimantan Selatan itu.

Photo Via Sap_rd

Anda juga bisa berkemah dan menghabiskan waktu di tengah alam terbuka. Untuk sampai ke puncak, Anda hanya harus melakukan trekking tak lebih dari satu jam. Sesampainya di tujuan, Anda pemandangan yang luar biasa dari tengah waduk langsung siap menyambut.

Photo Via Obyreza

Bukit Labuan/Pasepakan
Lokasi: Sungai Anaru, Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, Riam Kanan, Banjar, Kalimantan Selatan
Cara ke Sana: Dari Waduk Riam Kanan harus menyeberang menggunakan kapal klotok dengan biaya kurang lebih Rp500.000. Koordinat di sini.

17. Surga tersembunyi di pedalaman Kalimantan Selatan: Air Terjun Mandin Damar

Air terjun Mandin Damar layak disebut sebagai surga yang tersembunyi di Kalimantan Selatan. Banyak alasan meyakini demikian.

Tempatnya sangat tersembunyi, berada di tengah belantara hutan Kalsel, tepatnya di Kabupaten Tanahbumbu. Hutan lebat menjadi ‘pagar’ air terjun ini, sementara airnya begitu jernih dan menyegarkan.

Photo Via Zerie_

Akses jalan untuk bisa sampai ke tempat ini tidak bisa dilalui dengan mudah. Tapi sepanjang perjalanan, dijamin Anda akan menikmati prosesnya karena ada suguhan pemandangan dan panorama alam yang mengesankan di sepanjang rute.

Dengan ketinggian kurang lebih 10 meter, dan lebar yang nyaris dua kali lipat tingginya, sensasi mandi di bawah guyuran air terjun akan sangat berbeda dari yang sudah ada.

Photo Via Heri_37_

Photo Via Sugenk765

Photo Via Tony_artaa

Belum lagi sejumlah spot-spot menarik, alami dan eksotik, yang bisa menjadi background berswafoto.

Air Terjun Mandin Damar
Lokasi: Desa Gunung Raya, Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanahbumbu, Kalimantan Selatan
Cara ke Sana: Dari terminal induk Km 6 Banjarmasin menuju Kandangan dengan waktu tempuh tiga jam dan tarif Rp45.000 menggunakan mobil Colt L300, dilanjutkan menuju ke Desa Lumpangi di Kecamatan Loksado, diteruskan masuk Jalan Trans Kandangan-Batulicin menuju desa Gunung Raya. Setelah sampai kantor kepala desa, perjalanan dilanjutkan dengan trekking sejauh lima kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Pulau dan pantai eksotis di pesisir Kalimantan Selatan

18. Surga tropis layaknya seperti pulau pribadi: Pulau Pamalikan

Pulaunya kecil, tapi panorama yang ditawarkan sangat luar biasa. Pulau Pamalikan pantas menjadi salah satu tujuan utama wisata Anda di Kalimantan Selatan.

Photo Via Pernah.putih_

Di atas air, Pulau Pamalikan memiliki segudang keindahan. Selain lanskapnya, yang sebagian berbatu karang dan sebagian lainnya pasir putih, banyak tumbuhan dan pepohonan tinggi sehingga Anda bisa bersantai sambil ngadem di pantainya.

Photo Via Irvandi.ridho_

Pulau Pamalikan juga menjadi habitat bagi penyu hijau dan penyu sisik. Di sejumlah sudut pantai bahkan menjadi tempat bagi penyu-penyu ini untuk bertelur.

Alam bawah air di sekitar Pulau Pamalikan juga tak kalah indah. Ber-snorkeling menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan di sini karena terumbu karang dan kejernihan airnya sangat baik.

Photo Via Hafizbiru

Pulau Pamalikan
Lokasi: Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan
Cara ke Sana: Dari Pelabuhan Panjang Kotabaru, dilanjutkan perjalanan laut menggunakan kapal perintis selama 8-12 jam ke Kecamatan Pulau Sembilan, sebelum diteruskan dengan kapal yang lebih kecil ke pulau yang dituju. Koordinat di sini.

19. Keindahan alam bawah laut Kalimantan Selatan: Pulau Samber Gelap

Namanya memang sangar, namun pulau tropis di ujung Kalimantan Selatan ini menjadi surga bagi para penyelam karena keindahan bawah lautnya.

Photo Via Syarifradam

Dengan kualitas air yang jernih dan terumbu karang yang beragam dengan tekstur yang indah, snorkeling dan divingmenjadi kegiatan wajib yang harus Anda lakukan jika berlibur di Pulau Samber Gelap ini.

Tak bisa berenang, atau takut air? Tak usah khawatir, alam dan panorama di pulau Samber Gelap juga sangat indah. Bermain di pantai dengan pasirnya yang putih pun juga seru.

Anda juga bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan konservasi penyu di pulau ini. Atau Anda bisa juga menyalurkan hobi memancing, dengan ikan target utamanya adalah Tengiri.

Photo Via Elisaulina,Febianiayu

Photo Via Roniramadhani_,Salimabdul_11_,Rafsanjani199

Tertarik mencoba?

Pulau Samber Gelap
Lokasi: Kecamatan Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan
Cara ke Sana: Dari pelabuhan Samudera Batulicin bisa menggunakan speedboat dengan lama perjalanan dua jam. Sementara dari Banjarmasin, dengan menggunakan mobil ke Pagatan selama lima jam, dilanjutkan menggunakan kapal selama delapan jam.

20. Pulau romantis menikmati sunset dan terumbu karang:  Pantai Birahbirahan

Tak bisa dimungkiri, berkunjung ke sejumlah pulau eksotis di Kalimantan Selatan menjadi kegiatan yang mengesankan.

Bagaimana tidak, Anda bisa mendapatkan banyak hal dalam satu kunjungan. Melawat ke pulau Birahbirahan misalnya, di mana Anda bisa menikmati alam bawah laut, pulau dan menyalurkan hobi, sekaligus menyaksikan panorama alam yang menakjubkan hanya di satu tempat.

Photo Via Rzka_ja

Photo Via Muhammad_cahyadi,Giandinnur_

Untuk menikmati alam bawah laut, Pantai Birahbirahan memiliki kondisi air yang ideal. Untuk snorkeling dan diving, kondisi airnya jernih, dan terumbu karangnya juga variatif serta indah.

Photo Via Kura_kura.ninja_

Ingin menyalurkan hobi memancing? Boleh juga. Ada beragam ikan kecil yang bisa Anda dapatkan, atau bahkan hiu dan ikan pari. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan lumba-lumba, lho!

Sementara untuk menikmati panorama sunset, Anda tak perlu harus meninggalkan pantai karena lokasinya pas banget untuk mendapatkan sensasinya. Top banget!

Photo Via Bahas_tama

Pulau Birahbirahan

Lokasi: Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan
Cara ke Sana: Dari pusat Kota Baru, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Tanjung Lalak, Kecamatan Pulau Laut Selatan selama empat-lima jam, hingga Dermaga Kenyamukan. Perjalanan dilanjutkan dengan menyewa perahu nelayan selama delapan jam dengan harga sewa Rp800.000 per perahu dengan kapasitas 25 orang. Koordinat di sini.